Desa Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Jogjakarta

Jogjakarta tidak hanya sekadar Malioboro dan Prawirotaman. Masih banyak objek wisata lain di Jogjakarta yang menyimpan daya tarik, seperti desa wisata.

Rasanya kamu semua pasti setuju jika kami sebut bahwa Jogjakarta adalah salah satu surga wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari destinasi wisata alam hingga budaya, semua ada di sini. Jika kamu sudah pernah menelusuri jalanan Malioboro atau berburu sunset di Istana Ratu Boko, mungkin sesekali kamu boleh mencoba berwisata ke desa wisata yang juga tidak kalah menarik.

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi desa wisata di Jogjakarta. Mulai dari menanam padi, memetik buah langsung dari pohon, hingga membuat kerajinan dari gerabah. Nah, bila kamu tertarik untuk mengunjungi desa-desa wisata di Jogjakarta, berikut kami berikan daftar desa wisata yang bisa menawarkan kamu suasana dan aktivitas yang tak kalah menyenangkan.

Desa Wisata Trumpon, Sleman

Kamu suka buah salak pondoh? Cocok sekali jika mampir ke desa wisata Trumpon yang ada di Desa Merdikurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Di desa agrowisata ini, kamu bisa berkeliling kebun salak pondoh, memetik buah salak langsung dari pohonnya dan makan sepuasnya. Kamu juga bisa mengetahui seluk beluk salak pondoh disini. Perkebunan salak disini ditata sangat indah dan nyaman untuk ditelusuri. Selain itu, kamu juga bisa melihat Gunung Merapi dari menara pandang yang ada di desa ini.

Desa Wisata Tanjung, Sleman

Desa wisata yang satu ini diresmikan pada tahun 2001 lalu dan menawarkan suasana tradisional masyarakat Jawa yang kental sekali. Mulai dari kebiasaan masyarakatnya hingga peralatan yang dipakai. Desa wisata Tanjung ini berada di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman atau sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Banyak hal yang bisa kamu nikmati di desa ini, seperti ikut warga bertani di sawah karena mayoritas warga di desa ini berprofesi sebagai petani. Kamu juga bisa membuat batik di desa ini, melihat atraksi jathilan, karawitan dan juga ciciblung yang asyik sekali. Di desa ini juga terdapat bangunan Rumah Joglo yang konon telah berusia 200 tahun.

Desa Wisata Pentingsari, Sleman

Desa wisata yang satu ini masih di kabupaten Sleman tepatnya di lereng Gunung Merapi. Desa Wisata Pentingsari berada di Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Saat Gunung Merapi sedang bergejolak, desa ini mungkin akan masuk dalam zona berbahaya. Namun, dibalik itu, desa ini memiliki suasana pedesaan yang benar-benar menyegarkan. Sama seperti di Desa Tanjung, masyarakat di Desa Wisata Pentingsari juga berprofesi sebagai petani. Suasana tradisional juga sangat terasa di desa wisata ini. Beberapa objek menarik yang bisa dikunjungi di desa wisata ini antara lain pancuran Suci Sendangsari serta batu luweng yang menjadi bagian dari perjuangan Pangeran Diponegoro dalam upaya mengusir penjajah

Desa Wisata Tembi, Bantul

Ingin merasakan tinggal di daerah pedesaan yang nyaman, tenang, dan asri sambil belajar tentang kebudayaan Jawa? Kamu bisa berkunjung ke Desa Wisata Tembi. Terletak di Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul, Desa Wisata Tembi menawarkan banyak lokasi wisata menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja galeri batik, galeri lukisan, restoran unik, cottage, hingga Museum Rumah Budaya Tembi. Koleksi tersebut seperti peralatan bertani, keris, tombak, gamelan, peralatan membatik, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa desa wisata yang dijamin bisa memberikan kamu pengalaman berbeda saat berlibur ke Jogjakarta. Saat hendak berlibur ke Jogjakarta, kamu tinggal pesan tiket pesawat Sriwijaya Air online di Traveloka. Selain harganya yang terjangkau, proses pembelian tiket pesawat dan hotel pun jadi lebih praktis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *